Bolehkah Ibu Hamil Makan Es Krim? Berikut Kata Dokter

Hamil merupakan masa yang rentan bagi para ibu. Beberapa ibu hamil biasanya mengalami peningkatan nafsu makan sehingga kerap kali menginginkan untuk mengunyah terus menerus. Salah satu makanan yang sulit untuk ditolak adalah es cream? Sebenarnya banyak perdebatan mengenai hal ini. Lantas, amankah ibu hamil makan es krim? Simak ulasan menurut para ahli berikut ini.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Es Krim? Apa Manfaat dan Resikonya?

1. Bisa menambah berat bayi

Menurut dr. Muhammad Yusuf, SpOG (K), tidak ada larangan untuk mengonsumsi ice cream bagi ibu hamil selama dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan. Kandungan dalam es krim justru sangat bermanfaat dimana ia bisa menambah berat badan janin di dalam kandungan.

Namun perlu diketahui, jika terlalu banyak mengkonsumsi es krim maka peluang untuk melakukan persalinan secara normal cukup kecil. Hal ini disebabkan, berat dan ukuran janin yang meningkat dalam kandungan.

2. Kandungan nutrisi es krim yang bermanfaat

Menurut American Pregnancy Association, wanita hamil diperbolehkan untuk makan es krim karena di dalamnya terdapat banyak kandungan nutrisi. Kandungan asam amino, kalsium, magnesium dan protein di dalam es kream dapat membantu menguatkan tulang janin dalam kandungan.

Agar mendapatkan nutrisi baik seperti yang telah disebutkan di atas, es krim yang dikonsumsi tidak boleh dibeli di sembarang tempat. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui kandungan es krim yang dikonsumsi dan membeli di tempat yang terjaga kehigienisannya.

Editor terkait:

3. Meredakan mual

Hingga saat pertanyaan seputar bolehkah ibu hamil makan es krim? Masih sering diperdebatkan. Padahal sudah banyak sumber yang menyatakan bahwa es krim memiliki beberapa manfaat untuk ibu hamil diantaranya bisa mengatasi mual.

Pada beberapa kehamilan, banyak ibu hamil yang mual-mual baik di trimester pertama hingga ketiga. Es krim yang manis dan segar bisa menjadi makanan untuk meredakan rasa mual yang kerap kali muncul.

4. Sebagai obat ketika stress

Selain meredakan mual, es krim juga menjadi obat manjur ketika ibu hamil mengalami stress. Kandungan gula dalam es krim dapat memberikan energi positif sehingga dapat menaikkan mood ibu hamil. Suhu dingin pada es krim juga mampu menenangkan pikiran dan hati menjadi lebih damai.

5. Membuat kadar gula naik

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa memakan es krim dalam jumlah yang tidak wajar bisa meningkatkan kadar gula darah. Es krim yang memiliki kandungan gula cukup tinggi sangat tidak dianjurkan dikonsumsi terlalu sering.

Menurut dr. Yan William, es krim yang memiliki kandungan gula tinggi berisiko meningkatkan kadar gula ibu hamil. Selain itu, kemungkinan terserang diabetes gestasional tinggi apabila terlalu banyak dimakan. Gestasional merupakan tingginya jumlah gula darah atau diabetes yang dialami oleh ibu hamil.

6. Resiko terserang sinus

Bahaya makan es krim dalam jumlah yang berlebih membuat peluang ibu hamil terserang sinus cukup tinggi. Selain sinus, masalah pernapasan lain juga ikut beresiko terganggu salah satu contohnya infeksi pernapasan.

Bahayakah ibu hamil makan es krim? Jika ada pertanyaan demikian, maka jawabannya adalah boleh dan tidak berbahaya, asal dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan. Bagi ibu hamil yang ingin makan es krim berbahan dasar susu pastikan telah melewati proses pasteurisasi dimana bakteri telah mati. Namun akan lebih baik jika berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika ibu hamil memiliki alergi.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Ibu Hamil atau artikel menarik lain di ibu-hamil.web.id