Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Nanas? Ini Kata dokter

Di masyarakat berkembang mitos amankah ibu hamil makan buah nanas. Seorang dokter bernama dr. Benny Johan Marpaung menyampaikan bahwa sejatinya nanas mengandung vitamin berlimpah, hanya saja terdapat kandungan berupa enzim bromelain. Apabila memakan nanas dalam jumlah yang banyak, maka bisa menyebabkan terbukanya mulut rahim.

Berikut Ini Beberapa Dampak Negatif Mengonsumsi Buah Nanas Saat Hamil

1. Menyebabkan Alergi

Bagi ibu hamil yang tidak sering mengonsumsi nanas, maka sebaiknya harus lebih berhati-hati ketika ingin mengonsumsi buah yang satu ini. Hal tersebut dikarenakan adanya kemungkinan alergi yang ditimbulkan setelah memakan buah nanas. Alergi yang dapat terjadi diantaranya terasa gatal di area mulut, hidung terasa tersumbat atau mengeluarkan air, hingga asma.
Tentu beberapa gejala tersebut akan cukup mengganggu ibu hamil. Untuk itu, ketika Anda terlanjur mengonsumsi nanas kemudian muncul beberapa gejala alergi tersebut, Anda sebaiknya segera berkonsultasi kepada dokter. Hal ini dilakukan supaya Anda segera mendapatkan penanganan terbaik demi kesehatan Anda.

2. Dapat Menyebabkan Keguguran dan Prematur

Sejatinya, hingga saat ini belum terdapat bukti yang menunjukkan bahwa mengonsumsi buah nanas ketika hamil termasuk tindakan yang ber-bahaya. Namun demikian, stigma bolehkah ibu hamil makan buah nanas masih saja menjadi pertanyaan di benak banyak orang. Akan tetapi, terdapat perkiraan bahwa enzim bromelainlah yang menyebabkan mitos tersebut tak hilang.

Diketahui bahwa kandungan tersebut dapat memecahkan protein yang ada dalam tubuh manusia selanjutnya dapat menyebabkan kontraksi. Itulah yang kemudian dikhawatirkan dapat menimbulkan pendarahan, atau sampai keguguran. Namun demikian, perlu dipahami bahwa kandungan tersebut tidak begitu banyak, sehingga akan aman ketika mengonsumsi sedikit nanas.

Editor terkait

3. Menyebabkan Turunnya Tekanan Darah

Perlu Anda ketahui, konsumsi akan buah nanas ketika sedang hamil juga dapat memicu tekanan darah. Bahkan reaksi yang ditimbulkan dapat berlangsung dengan sangat cepat. Gejala yang timbul biasanya berupa pusing serta merasa berputar setelah Anda bangkit dari posisi berbaring. Hal tersebut tentu cukup membahayakan jika kemudian Anda tidak kuat menahan tubuh Anda.

Sebagai langkah awal, ketika Anda mengalami gejala tersebut, maka sebaiknya Anda jangan langsung beranjak dan berjalan, melainkan duduklah terlebih dahulu supaya tidak menyebabkan Anda terjatuh. Kemudian Anda juga bisa mengunjungi dokter untuk berkonsultasi tentang kondisi kesehatan Anda dan bayi Anda.

4. Menimbulkan Kram Otot

Saat ibu hamil mengonsumsi nanas, maka juga dapat menyebabkan otot tubuh terasa kaku atau yang dikenal dengan istilah kram. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan enzim yang disebut bromelain yang dapat mengurangi kandungan tertentu yang ada dalam pembuluh darah vena, yang selanjutnya menyebabkan timbulnya rasa sakit di bagian otot.

Ketika Anda mengalami hal tersebut, Anda bisa mencoba untuk mengurangi rasa kram pada otot tersebut dengan cara mandi menggunakan air hangat. Hal ini dapat dilakukan ketika Anda akan beranjak tidur. Dengan demikian, otot Anda akan terasa lebih rileks dan rasa sakitnya menjadi tidak begitu terasa.

5. Menyebabkan Nyeri Ulu Hati dan Refluks Asam Lambung

Ketiak ibu hamil makan buah nanas dalam jumlah yang terlalu banyak maka bisa menyebabkan berbagai dampak yang tak baik. Sebab, buah nanas mempunyai rasa asam yang cukup dominan. Hal tersebut dapat menimbulkan produksi asam dalam lambung menjadi meningkat. Jika hal tersebut terjadi selanjutnya bisa menyebabkan nyeri pada ulu hati serta refluks asam lambung.

Itulah jawaban dari pertanyaan bolehkah ibu hamil makan buah nanas. Sebenarnya bukan berarti bahwa ibu hamil tidak boleh makan buah nanas sedikitpun. Hal tersebut bergantung pada kondisi masing-masing serta harus sesuai takaran yang diperbolehkan, tidak berlebihan.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Ibu Hamil atau artikel menarik lain di ibu-hamil.web.id