Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan ? Berikut Saran Dokter

Ketika ibu dalam masa kehamilan sering kali merasa lapar di tengah malam dan ingin menikmati makanan cepat saji salah satunya adalah mie instan. Tak sedikit ibu hamil mempertanyakan, apakah mie instan aman untuk ibu hamil dan janin? Di kesempatan kali ini saya akan ulas dengan disertai saran dari dokter spesialis gizi.

Saat ini mie instan menjadi salah satu makanan favorit banyak orang dari berbagai kalangan dan usia, alasan utamanya ialah rasanya yang gurih, serta proses pembuatannya yang mudah dan cepat.

Tahukah kamu menurut survei dari kesehatan nasional, mie instan dimakan setidaknya 1-6 kali dalam minggu oleh sekitar 70% orang dewasa di Indonesia, dan penggemar mie instan terus meningkat hampir 5% setiap tahunnya.

Kandungan Mie Instan

Berdasarkan pedoman World Health Organization (WHO), yang mengharuskan semua produk mie instan perlu dilakukan fortifikasi atau diberikan tambahan nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B, asam folat, zat besi, dan zinc.

Hal ini sama seperti yang disampaikan oleh dokter kandungan dr Hari Nugroho SpOG, “Mi instan banyak ditakuti oleh kalangan ibu hamil dan banyak juga orang tidak hamil karena tingginya kandungan MSG. Padahal MSG sendiri dinyatakan aman oleh FDA. Walaupun beberapa orang mengeluh sensitif terhadap MSG seperti merasa pusing atau nyeri kepala sesudah mengonsumsinya,”

Ya, meski sudah dinyatakan aman dimakan dalam jumlah banyak karena telah memenuhi anjuran WHO, akan tetapi mie instan juga mengandung zat pengawet, pewarna, dan perasa yang tidak baik untuk kesehatan.

Editor terkait:

Bahaya makan mie instan

Pada penelitian lain yang dilakukan di Korea Selatan mengungkapkan bahaya dari makan mie instan, dalam penelitian tersebut menyatakan: makan mie instan dua kali dalam minggu berisiko menimbulkan sindrom metabolik. Apa itu Sindrom metabolik ? Yaitu kumpulan gangguan yang terdiri dari tekanan darah tinggi, penumpukan lemak berlebih di perut, menurunkan kadar kolesterol baik, meningkatkan kadar gula darah, dan meningkatkan kadar trigliserida. Hal itu dikarenakan tingginya jumlah kalori, lemak jenuh, gula, dan garam pada mie instan yang terkandung di dalam mie instan.

Jadi kesimpulan yang bisa kita ambil dari informasi ini yaitu jangan sampai makan mie instan secara berlebihan.

Bolehkah Mie Instan Dikonsumsi Ibu Hamil?

Ya, saya setuju dengan bumil. Mie instan memang bisa dijadikan sebagai solusi cepat untuk ibu hamil yang sering lapar. Namun, perlu ingat bahwa makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil dapat memengaruhi pertumbuhan janin. Karena kandungan garam yang tinggi pada mie instan dapat memicu terjadinya hipertensi atau meningkatnya tekanan darah saat hamil, bisa membahayakan bagi ibu maupun janin.

Ibu hamil boleh saja makan mie instan, asalkan tidak terlalu sering, berikut tips yang dapat Bumil lakukan dalam mengolah mie instan agar lebih sehat:

  1. Kurangi jumlah bumbu yang dipakai. Gunakan setengahnya atau Anda bisa membuat bumbu sendiri.
  2. Tambahkan protein, seperti telur, seafood, atau daging.
  3. Tambahkan sayuran, seperti wortel, tomat, sawai, brokoli, atau bayam. Pastikan semuanya harus dimasak hingga matang.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Ibu Hamil atau artikel menarik lain di ibu-hamil.web.id