Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu UHT? Begini Saran Dokter

Susu menjadi salah satu minuman yang penting bagi ibu hamil. Kandungan yang terdapat dalam susu dipercaya dapat memberikan nutrisi yang baik untuk ibu dan janin. Saat ini terdapat beragam jenis susu yang dapat dikonsumsi, salah satunya susu UHT. Lain dengan susu untuk kehamilan, susu UHT dibuat dengan formula yang beda. Lalu bolehkah ibu hamil minum susu UHT ini, apa kandungan dan resikonya?

Bolehkah Saat Hamil Minum Susu UHT? Begini Jawabannya

1. Kandungan Yang Terdapat Dalam Susu UHT

Susu UHT atau Ultra High Temperature merupakan susu yang dipanaskan dengan temperatur tinggi untuk mematikan bakteri yang mungkin saja terkandung dalam susu. Proses pemanasan tersebut dilakukan dalam waktu singkat sekitar 5 detik dengan suhu yang sangat tinggi sekitar 1380°C.

Tahap tersebut membuat susu UHT menjadi steril dari bakteri yang merugikan. Selain membunuh bakteri, proses pemanasan pada susu dapat membuatnya bertahan lama meskipun berada di suhu ruangan.

Dalam susu UHT terdapat kandungan nutrisi yang baik untuk janin diantaranya kalori, kalsium vitamin, yodium dan lainnya. Kalori dan vitamin pada susu UHT dapat memenuhi kebutuhan nutrisi pada janin. Lalu kalsium bermanfaat untuk membantu tumbuh kembang janin sehingga bisa lahir dengan sehat.

Yodium pada susu UHT dikenal dapat mampu membantu perkembangan sel dan saraf pada otak. Peran yodium ini sangat penting karena, jika ibu hamil kekurangan asupan yodium bisa menyebabkan bayi yang dilahirkan ber-IQ rendah. Namun yang perlu diketahui bahwa dalam susu UHT kandungan yodium tidak banyak melainkan lebih sedikit dibanding susu pada umumnya.

Sedangkan mengenai pertanyaan bolehkah ibu hamil minum susu UHT, dijawab oleh salah satu dokter dari Alodokter yaitu dr. Devika Yuldharia yang berpendapat bahwa susu UHT boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena susu telah diproses sehingga tidak ada bakteri. Selain itu, kandungan dalam susu UHT juga baik untuk janin jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

2. Anjuran Konsumsi Bagi Ibu Hamil

Lalu bagaimanakah anjuran minum susu UHT yang tepat untuk ibu yang sedang mengandung? Susu UHT boleh dikonsumsi asal sesuai dengan porsinya. Maksudnya, ibu hamil tidak murni minum susu UHT saja namun juga diimbangi dengan makanan atau minuman lainnya mendapatkan nutrisi lebih banyak.

Menurut Professor Ian Givens, seorang peneliti dari University of Reading mengungkapkan jika baik susu UHT maupun murni tidak berbahaya jika dikonsumsi, justru bermanfaat untuk kesehatan untuk ibu dan janin. Agar memperoleh kandungan yodium yang sama dengan susu murni setidaknya meminum susu UHT sebanyak 1,5 liter.

Editor terkait:

3. Resiko Minum Susu UHT Bagi Ibu Hamil

Untuk menghasilkan rasa manis susu UHT menggunakan gula atau pemanis buatan yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, perlu diperhatikan dosis ketika meminum susu UHT karena kadar gula yang cukup tinggi apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Hal serupa juga disetujui oleh dr. Adeline Jaclyn yang menyatakan jika seorang ibu hamil yang minum susu UHT terlalu banyak juga tidak baik karena biasanya susu tersebut mengandung banyak gula. Hal tersebut akan berdampak buruk apabila sang ibu mempunyai gangguan kesehatan seperti kencing manis.

Itulah jawaban mengenai bolehkah ibu hamil minum susu UHT serta informasi mengenai kandungan dan resikonya. Untuk mendapatkan nutrisi yang lebih banyak ibu hamil juga bisa mendapatkan manfaat dari makan dan minuman bergizi lainnya, namun sebelum itu alangkah baiknya jika dikonsultasikan dengan dokter lebih dulu.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Ibu Hamil atau artikel menarik lain di ibu-hamil.web.id