Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi Susu ? Berikut Penjelasan dari Dokter

Kopi susu, mendengar nama tersebut siapa yang bisa menolaknya? Minuman satu ini menjadi favorit semua orang tanpa terkecuali termasuk ibu hamil. Kemudian bahayakah ibu hamil minum kopi susu? Apakah aman mengkonsumsi kafein saat sedang mengandung? Lalu apa saja resikonya? Untuk lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini.

Masih Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi Susu? Begini Resiko Ibu Hamil Jika Minum Kopi Susu

1. Aturan minum kopi susu bagi ibu hamil

Beberapa ibu hamil memiliki nafsu makan dan minum yang tinggi. Namun, harus diketahui bahwa tidak semua bisa dikonsumsi asal-asalan karena bisa berakibat fatal pada kandungan. Dan hal tersebut juga berlaku untuk kopi susu, kemudian bolehkah ibu hamil minum kopi susu?

Berdasarkan ulasan yang disampaikan oleh dr. Kevin Adrian, ibu hamil diperbolehkan minum kopi susu asalkan takarannya sesuai. Sebenarnya minuman ini aman terlebih mengandung susu yang juga baik untuk janin. Namun, titik berat yang perlu diperhatikan yakni kandungan kafein dalam kopi.

Kafein yang terdapat dalam kopi jika diminum dalam jumlah banyak bisa berakibat buruk untuk kandungan serta sang ibu. Jumlah takaran kopi susu yang umum untuk ibu hamil yaitu sekitar 200 mg dalam sehari atau sekitar 2 cangkir kopi susu. Oleh sebab itu, hendaknya konsumsi kopi susu dalam jumlah yang wajar sesuai takaran yang dianjurkan.

2. Resiko yang timbul jika minum kopi susu untuk ibu

Kafein yang terkandung dalam kopi susu dapat menyebabkan gangguan baik untuk ibu maupun untuk janin yang dikandungnya. Hal tersebut juga diungkapkan oleh dokter spesialis kandungan dr. Benny Johan Marpaung Sp.OG yang berpendapat bahwa minum kopi dalam jumlah yang banyak bisa berbahaya bagi kandungan.

Bahaya kafein dalam kopi bisa menimbulkan beberapa resiko seperti muntah atau mual yang lebih parah dari sebelumnya. Selain itu, ia juga bisa memicu naiknya tekanan darah bagi ibu hamil karena ketergantungan kafein. Oleh karena itu, konsumsi kopi susu pada ibu hamil harus benar-benar diperhatikan.

Dan jika mengkonsumsi dalam kadar yang berlebihan kopi susu bisa membuat ibu hamil mengalami gangguan pencernaan seperti mulas, begah, dan kerap buang air kecil. Di beberapa tempat sang ibu bisa mengalami migrain, tremor bahkan detak jantung yang berdetak kuat karena tidak kuat menerima kandungan kafein yang terlalu tinggi.

Editor terkait:

3. Menyebabkan keguguran

Bahaya resiko minum kopi susu tidak hanya untuk sang ibu saja, namun juga bisa berakibat buruk untuk janin dalam kandungan. Kopi dan kandungan kafein mampu menembus plasenta yang memiliki peran penting yaitu menyaring oksigen, menyuplai nutrisi dan melindungi janin dari bakteri.

Apabila sang ibu terlalu sering meminum kopi susu kemungkinan bisa merusak plasenta dan berakibat buruk bagi berat badan janin karena kekurangan nutrisi bahkan membuat bayi lahir secara prematur.

Resiko yang paling fatal dari kopi susu ini yaitu mampu menyebabkan keguguran janin. Oleh sebab itu, penting untuk membatasi kadar kafein yang dikonsumsi agar tidak membahayakan ibu dan sang janin yang sedang dikandungnya.

Berikut adalah ulasan seputar bolehkah ibu hamil minum kopi susu serta resiko yang timbul jika meminumnya terlalu banyak. Untuk menghindari resiko yang telah diatas, hendaknya meminum kopi susu dalam jumlah wajar dan seminimal mungkin. Apabila memiliki penyakit atau gangguan kesehatan sebaiknya konsultasikan dengan konter kandungan sebelum mengkonsumsi minuman tersebut.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Ibu Hamil atau artikel menarik lain di ibu-hamil.web.id