Bolehkah Ibu Hamil Makan Singkong? Ini kata Dokter

Amankah ibu hamil makan singkong? Pertanyaan tersebut kerap ditanyakan oleh beberapa orang. Perlu Anda pahami sebenarnya makan singkong ketika hamil diperbolehkan. Hal ini sesuai dengan pernyataan yang diberikan oleh dr. Nadia Nurotul Fuadah. Beliau mengatakan bahwa mengkonsumsi singkong justru baik untuk kesehatan badan, termasuk bagi ibu hamil.

Ternyata, Makan Singkong Saat Hamil akan Memberikan Berbagai Manfaat

1. Membantu Menjaga Sistem Pencernaan

Singkong merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan kandungan serat. Dengan demikian, mengonsumsi singkong akan membantu kelancaran pada sistem pencernaan. Ibu hamil yang mengonsumsi singkong akan terhindar dari berbagai masalah pencernaan seperti diare, konstispasi, dan sembelit.

Di samping itu, kandungan serat tersebut juga berkhasiat untuk membantu menurunkan berat. Sehingga, bagi ibu hamil yang ingin tetap memiliki penampilan yang terjaga dapat mencoba mengonsumsi singkong. Namun, takarannya juga tidak boleh berlebihan dan tidak boleh terlalu sering, karena jika demikian bisa menimbulkan kelainan pada tiroid ataupun kecacatan sejak lahir.

2. Menghindari Penyakit yang Mungkin Timbul Selama Masa Kehamilan

Singkong diketahui memiliki kandungan vitamin yang cukup kompleks, diantaranya vitamin A, C, K, dan B kompleks. Setiap vitamin akan memberikan khasiat yang berbeda-beda bagi kesehatan. Untuk vitamin A, akan membuat penglihatan sang ibu terhindar dari berbagai jenis gangguan baik ketika dalam masa kehamilan ataupun saat persalinan.

Sedangkan vitamin B kompleks akan membantu meningkatkan energi dan metabolisme pada tubuh serta mampu membantu menurunkan tekanan yang ada dalam darah. Vitamin C memiliki khasiat untuk menyerap zat besi dan menghindari resiko terjadinya anemia. Vitamin K akan membantu menjaga kondisi tubuh agar tetap prima selama masa kehamilan.

Editor terkait:

3. Meningkatkan Sistem Imun Pada Tubuh

Bolehkah ibu hamil makan singkong? Sekiranya pertanyaan tersebut dapat terjawab dengan manfaat yang satu ini. Singkong ternyata kaya akan kandungan protein dan kalori. Kedua jenis kandungan tersebut tentunya sangat penting bagi ibu hamil dan bayinya.

Kandungan protein yang terdapat pada singkong dapat membantu untuk meningkatkan antibodi pada ibu hamil. Di samping itu, ada pula khasiat lainnya seperti membantu pembentukan tulang dan gigi pada calon bayi dan pembentukan sel darah pada janin.

4. Menjaga Nafsu Makan

Nafsu makan ibu hamil cukup penting untuk dijaga, sebab tidak hanya ibu hamil yang membutuhkan nutrisi, melainkan juga sang bayi. Bagi ibu hamil yang malas makan nasi, maka dapat menggunakan singkong sebagai alternatifnya. Sebab, singkong memiliki kandungan berupa karbohidrat yang bisa menjadi sumber tenaga.

Namun demikian, singkong mempunyai kandungan berupa glikosida sianogen. Kandungan tersebut bisa melepaskan sianida ke dalam tubuh. Oleh sebab itu, sebelum mengonsumsi singkong, benar-benar harus diolah dengan baik dan benar supaya tidak menimbulkan resiko keracunan.

5. Berpeluang Mendapat Anak Kembar

Manfaat ini diakui oleh dr. Devia Irine Putri. Beliau menyatakan bahwa hal ini mungkin saja terjadi. Akan tetapi, belum diketahui secara pasti takaran yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil jika menginginkan anak kembar. Selain itu, juga belum terdapat penelitian yang memberikan hasil pernyataan demikian.

Akan tetapi, diketahui bahwa singkong memiliki kandungan berupa zat diosgen, yang mana zat tersebut bisa membantu proses pelepasan jumlah sel telur yang lebih dari satu. Proses inilah yang nantinya akan dapat menyebabkan lahirnya anak kembar.

Berbagai mitos terkait dengan pertanyaan bolehkah ibu hamil makan singkong sekiranya sudah terjawab dengan berbagai penjelasan di atas. Sebenarnya makan singkong saat hamil tidaklah berbahaya jika jumlah yang dikonsumsi tidaklah berlebihan dan diolah dengan cara yang benar.

Baca juga artikel lain yang terkait dengan Ibu Hamil atau artikel menarik lain di ibu-hamil.web.id