ibu-hamil.web.id

Antara Bahaya dan Manfaat Buah Jambu Biji untuk Ibu Hamil

Jambu biji adalah salah satu jenis buah yang biasa dibudidayakan di daerah tropis dan sub-tropis. Buah ini umumnya dikonsumsi sebagai buah pencuci mulut dan sebagai camilan. Kendati lebih baik dimakan dalam kondisi alami tanpa pengolahan, konsumsi jambu biji dalam bentuk salad buah, selai, jeli, atau jus buah juga baik karena tidak menghilangkan kandungan nutrisinya secara signifikan.

Seperti diketahui bahwa jambu biji memang memiliki banyak sekali kandungan nutrisi bermanfaat bagi tubuh. Ibu hamil yang ingin tetap sehat atau mereka yang tengah menjalani program diet kehamilan juga disarankan untuk rutin mengkonsumsi buah dari tanaman bernama latin Psidium guajava L. ini. Nah, pada tulisan kali ini, kami akan membahas apa saja kandungan dan manfaat buah jambu biji untuk ibu hamil, serta efek negatif mengkonsumsi buah jambu biji dalam porsi besar bagi ibu hamil. Mari kita simak!


Antara Bahaya dan Manfaat Buah Jambu Biji untuk Ibu Hamil

Kandungan Jambu Biji

Dari berbagai hasil analisis kimia yang pernah dilakukan, jambu biji rupanya mengandung banyak sekali nutrisi bermafaat, sehingga wajarlah jika ia tergolong ke dalam jenis buah yang baik untuk ibu hamil. Kandungan nutrisi tersebut dapat kita lihat seperti yang ditampilkan tabel di bawah ini:

Tabel Kandungan Nutrisi dalam 1 Buah Jambu

Kandungan Nutrisi Kandungan Nutrisi
Asam pantotenat 0.451 mg 9%
Air 86 gram
Besi 0,26 mg 3%
Crypto-xanthin-ß 0 mcg
Elektrolit
Energi 68 Kcal 3,5%
Folates 49 mcg 12,5%
Fosfor 11 mg 2%
Thiamin 0,067 mg 5,5%
Total Lemak 0,95 g 3%
Vitamin A 624 IU 21%
Vitamin C 228 mg 396%
Vitamin E 0,73 mg 5%
Vitamin K 2.6 mcg 2%
Kalium 417 mg 9%
Kalsium 18 mg 2%
Karbohidrat 14,3 g 11,5%
Kolesterol 0 mg 0%
Lycopene 5204 mcg
Magnesium 22 mg 5,5%
Mangan 0,150 mg 6,5%
Mineral
Natrium 2 mg 0%
Niacin 1,084 mg 7%
Phyto-nutrisi
Protein 2,55 g 5%
Pyridoxine 0,110 mg 8,5%
Riboflavin 0,040 mg 3%
Selenium 0.6 mcg 1%
Seng 0,23 mg 2%
Serat diet 5.4 g 14%
ß-karoten 374 mcg

Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil

Berdasarkan kandungan nutrisi seperti yang ditampilkan tabel di atas, jambu biji untuk ibu hamil memberikan banyak sekali manfaat. Nah, manfaat-manfaat jambu biji tersebut antara lain sebagai berikut:
  1. Makan jambu biji mempertahankan gula darah pada tingkat normal sehingga membantu mencegah diabetes gestasional pada wanita hamil.
  2. Jambu juga membantu untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal. Seperti diketahui bahwa selama kehamilan, menjaga keseimbangan tekanan darah sangat penting untuk menghindari kelahiran prematur dan keguguran.
  3. Makan buah jambu biji membantu menurunkan risiko anemia pada ibu hamil. Buah ini mengandung nutrisi penting yang membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh.
  4. Karena jambu biji kaya akan asam askorbat atau vitamin C, maka ia dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Selain itu, kandungan ini juga membantu menghilangkan masalah kesehatan lainnya seperti sakit gigi, gusi berdarah, bisul, dan kerusakan pembuluh darah. Satu buah jambu biji mengandung sekitar 16 miligram vitamin C, yang jauh lebih dari jumlah vitamin ini dibutuhkan oleh tubuh laki-laki atau perempuan.
  5. Jambu membantu menjaga sistem pencernaan yang sehat. Banyak wanita mengeluh sembelit selama kehamilan. Jambu biji, dengan sifat pencaharnya dapat membantu gerakan usus agar lebih mudah sehingga bermanfaat untuk mencegah berbagai macam masalah pencernaan.
  6. Jambu mengandung anti-oksidan dan anti-toksik seperti Vitamin C, Vitamin E, iso-flavanoids, karotenoid, polifenol. Ini membantu dalam memerangi kuman dan infeksi dalam tubuh, sehingga menjaga ibu hamil dari banyak penyakit.
  7. Jambu juga dikenal karena kandungan tinggi serat. Mengkonsumsi jambu biji bersama dengan bijinya dapat membantu pencegahan wasir dan sembelit yang cukup sering terjadi selama kehamilan.
  8. Magnesium dalam jambu biji membantu saraf dan otot-otot tubuh untuk bersantai. Hal ini bermanfaat bagi ibu hamil yang sering mengalami stres selama kehamilan.
  9. Jambu tidak hanya membantu ibu hamil dalam menjaga kesehatan yang layak, tapi ia juga membantu janin. Buah jambu biji merupakan gudang asam folat atau vitamin B9. Ini adalah vitamin yang sangat penting dalam pengembangan sistem saraf bayi.
  10. Kandungan kalsium buah jambu biji dapat membantu mengefektifkan hasil diet kehamilan.

Bahaya Jambu Biji untuk Ibu Hamil

Meski memiliki banyak sekali manfaat, jambu biji untuk ibu hamil tidak disarankan dikonsumsi dalam porsi yang berlebih. Dalam satu hari jambu biji yang dikonsumsi sebaiknya tidak lebih dari 300 gr. Jika berlebih, beberapa efek mungkin saja dapat terjadi. Efek dan bahaya mengkonsumsi jambu biji bagi ibu hamil tersebut antara lain sebagai berikut
  1. Menyebabkan sakit gigi pada gigi berlubang terutama jika dikonsumsi dengan bijinya.
  2. Meningkatkan potensi diare karena jambu biji mengandung serat yang tinggi. diare tidak baik untuk ibu hamil karena selain dapat melemahkan kondisi fisik dan menyebabkan iritasi juga dapat menyebabkan kegelisahan yang menyita waktu istirahat.

Demikian pemaparan kami mengenai kandungan, manfaat serta bahaya jambu biji untuk ibu hamil.  Sebagai pungkasan, kami menyarankan Anda untuk tetap mengkonsumsi jambu biji asalkan tidak lebih dari porsi yang dianjurkan. Jika ada pertanyaan silakan kolom komentar untuk berkomunikasi. Semoga membantu.

1 Response to "Antara Bahaya dan Manfaat Buah Jambu Biji untuk Ibu Hamil"

  1. jambu batu kalu tak makan slu takpa kn . klu da msok 6 bln

    BalasHapus