ibu-hamil.web.id

Amankah Vegeta bagi Ibu Hamil? Ternyata Ini Bahayanya!!

Amankah Vegeta bagi ibu hamil?” Pertanyaan ini muncul beberapa hari lalu dari seorang pasien saya yang mengalami masalah sembelit. Ia tengah hamil 3 bulan dan sering harus mengejan ketika buang air besar. Untuk minum obat pencahar tentu sangat berisiko bagi kehamilannya, sedangkan produk minuman berserat seperti Vegeta herbal, juga akan sedikit mengkhawatirkan. Lalu bagaimana caranya mengatasi masalah susah buang air besar bagi ibu hamil? Bahaya apa yang ditimbulkan oleh konsumsi Vegeta di masa kehamilan? Berikut pemaparannya!

Bahaya Vegeta Herbal bagi Ibu Hamil

Amankah Vegeta bagi Ibu Hamil?
Vegeta adalah salah satu minuman suplemen yang mengandung sejumlah banyak serat, anti-kembung, dan laktasif alami. Vegeta sering dikonsumsi oleh mereka yang mengalami BAB macet dan sembelit. Minuman ini dapat ditemukan dengan beberapa varian rasa.

Bagi ibu hamil, meminum vegeta untuk mengatasi masalah BAB sebetulnya kurang dianjurkan. Seperti dilansir dari situs klikdokter.com, ibu hamil yang mengkonsumsi minuman suplemen berserat dapat merangsang otot rahim untuk sering berkontraksi sehingga berisiko bagi tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan.

Ibu hamil –terutama yang berada di usia kehamilan pertama- memang sering kali mengalami masalah susah buang air besar. Hal ini selain karena pengaruh hormon progesteron yang diproduksi cukup banyak oleh tubuh, juga biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan makanan berserat.

Karena tidak dianjurkan mengkonsumsi minuman suplemen berserat seperti Vegeta, ibu hamil yang mengalami masalah sembelit disarankan untuk memperbanyak asupan serat dari bahan-bahan alami.

Buah-buahan seperti buah pisang dan pepaya, serta sayuran-sayuran hijau mengandung banyak serat dan bisa menjadi solusi dalam mengatasi masalah tersebut. Cukupi konsumsi air putih 8 gelas per hari, Yakult, dan sering minum air hangat saat bangun tidur juga terbukti mampu menurunkan gejala ini.

Selain itu, hindari pula konsumsi makanan-makanan dengan kadar lemak tinggi seperti daging-dagingan serta buah-buahan yang dapat menyebabkan timbulnya kembali masalah susah buang air besar seperti salak, alpukat, atau jambu biji.

Kembali lagi ke masalah bahaya vegeta bagi ibu hamil, ibu dapat mengkonsumsi minuman ini asalkan kondisi janin sudah cukup kuat di mana usia kehamilan 5 bulan kami rasa adalah waktu yang tepat, sehingga kontraksi yang mungkin ditimbulkan tidak lagi berpengaruh terhadap janin dan kehamilan Anda.

Demikianlah pemaparan mengenai amankah vegeta bagi ibu hamil. Semoga dapat menjawab kerisauan Anda semua. Salam.

2 Responses to "Amankah Vegeta bagi Ibu Hamil? Ternyata Ini Bahayanya!!"

  1. malam bu dokter.. bu saya liana umur 33thn.dan saat ini sedang hamil 6minggu.begini saya mau bertanya ?bagaimana ya solusi nya karna mempunyai masalah susah buang air besar dan ada teman mengajurkan saya minum vegeta herbal.. dan tanpa saya baca petunjuk saya minum vegeta tersebut.. dan setelah saya baca petunjuk ternyata ibu hamil tidak dibolehkan.. saya jadi khawatir dengan kondisi janin saya dok... mohon jawabannya ya dok.terima kasih

    BalasHapus