ibu-hamil.web.id

7 Tips Nyaman Bekerja selama Hamil

Seseorang yang tetap bekerja selama hamil harus memperhatikan kesehatan diri dan janinnya agar kesibukan bekerja tidak sampai membuat proses kehamilannya terganggu. Tentu saja kondisi bekerja saat sewaktu belum hamil sangat berbeda dengan kondisi saat hamil. Oleh karena itu, agar dapat tetap nyaman selama bekerja, ibu hamil dapat melakukan beberapa tips untuk ibu hamil yang bekerja berikut ini agar lebih bisa nyaman menjalani aktivitas.

Pilihlah Pakaian Kerja yang Nyaman

Apabila perut sudah mulai membesar karena kehamilan sudah mencapai umur 4 bulan, Anda harus mengganti pakaian kantor yang biasa Anda kenakan dengan pakaian kantor khusus ibu hamil. Dalam hal ini, faktor kenyamanan pakaian tersebut sangat perlu diperhatikan. Pakaian-pakaian yang memberi tekanan pada perut seperti rok dan celana yang sempit, atau baju yang sesak harus dihindari. Selain itu, pilihlah pakaian yang berbahan katun yang adem dan tidak mudah membuat Anda berkeringat.

tips untuk ibu hamil yang bekerja

Perbanyak Minum Air Putih
Setidaknya dalam satu hari bekerja, Anda perlu mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas perhari. Jika bosan, sesekali minumlah susu atau jus buah sebagai penyeling. Yang perlu diingat adalah, hindari konsumsi gula yang terlalu banyak. Saat hamil, apalagi jika ditambah dengan banyak minum plus ruangan kerja Anda ber-AC, Anda akan harus sering ke kamar mandi untuk buang air kecil. Hal tersebut tentu tidak masalah, dari pada tubuh Anda mengalami dehidrasi, bukankah lebih baik jika Anda sering buang air kecil.

Siapkan Camilan di Tempat Kerja
tips untuk ibu hamil yang bekerja
Untuk menjaga kejenuhan selama bekerja, bawalah camilan dari rumah. Ibu hamil biasanya lebih mudah lapar dibanding ibu-ibu pada umumnya, meskipun sebetulnya dari rumah mereka sama-sama sudah sarapan. Camilan yang dibawa bisa berupa kue, pisang, atau camilan-camilan lain yang mengandung cukup banyak kalori.

Posisi Kerja yang Nyaman
Upayakan agar posisi kerja Anda benar-benar nyaman. Apabila Anda bekerja sambil duduk, pastikan kursi Anda tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Setelah itu, duduklah dengan tegak atau bersandar dengan nyaman. Hindari menggantung kaki, apalagi dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, akan lebih baik bila Anda membawa kursi atau bangku kecil khusus untuk digunakan sebagai sandaran kaki selama Anda bekerja agar kram dan pembengkakan kaki dapat dicegah. Selain itu, bila pekerjaan Anda menuntut untuk duduk dalam waktu yang lama, usahakan untuk beristirahat dengan rileks setiap dua jam sekali.

Perhatikan Menu Makan Siang

tips untuk ibu hamil yang bekerja
Saat makan siang, konsumsilah makanan yang sehat dan mengenyangkan. Namun ingat, terlalu kenyang juga akan menimbulkan rasa ngantuk. Usahakanlah untuk makan hingga kenyang secukupnya. Hindari makanan ringan, karena selain kurang sehat dan bergizi, makanan jenis ini juga dapat merangsang timbulnya rasa mual. Makanan yang terlalu asam dan pedas juga perlu dihindari agar pencernaan Anda tidak terganggu. Untuk minum, Anda bisa memilih minuman yang segar dan menyehatkan seperti jus buah misalnya.

Istirahat Setelah Makan Siang

Apabila pada waktu istirahat siang Anda merasa ngantuk, ada baiknya untuk beristirahat dengan berbaring atau tidur sejenak. Namun pastikan tempat berbaring Anda adalah tempat yang benar-benar nyaman, sehingga meski istirahat hanya sesaat, tetap dapat memberikan manfaat yang cukup bagi Anda.

Bekerja di Saat Sakit

Apabila Anda mengalami masalah kesehatan selama kehamilan, misalnya tidak enak badan karena demam, ada baiknya Anda menghubungi pihak perusahaan Anda untuk mendapat keringanan semisal jam kerja yang tidak penuh atau paruh waktu. Apabila pekerjaan Anda mengharuskan Anda untuk banyak berdiri atau jenis pekerjaan yang dirasa sangat menguras energi, upayakan untuk membicarakannya dengan atasan agar bisa bertukar tempat dengan teman yang lain untuk beberapa waktu.

Apabila Anda masih aktif bekerja meski badan terasa tidak enak selama kehamilan, jangan lupa untuk membawa obat yang sudah diresepkan dokter, dan minumlah secara teratur sesuai jadwal. Jika perlu, beritahukan ke teman dekat di kantor mengenai nomor telepon suami atau dokter Anda yang bisa dihubungi kalau-kalau Anda mengalami keluhan secara mendadak. Selain itu, kunjungilah dokter Anda secara teratur meski mungkin saat itu belum ada keluhan yang muncul dari diri Anda.

Demikianlah 7 tips untuk ibu hamil yang bekerja yang mungkin dapat menjadi acuan bagi Anda wanita karir yang saat ini tengah mengandung. Semoga dapat bermanfaat dan kesehatan janin Anda tidak terganggu meski Anda aktif bekerja.

0 Response to "7 Tips Nyaman Bekerja selama Hamil"